Evolusi Antarmuka

Seperti bagaimana sistem komputer, antar muka pengguna juga telah mengalami proses evolusi. Evolusi antar muka pengguna adalah seiring dengan perkembangan teknologi komputer tersebut. 

Evolusi antarmuka komputer bisa dijabarkan sebagai berikut:
1.  Tahun 50an
     Antarmuka pada level hardware untuk teknik. Contohnya: switch panel.

2.  Tahun 60-70an
     Antarmuka pada level pemrograman. Contohnya: Cobol dan Fortran

3.  Tahun 70-90an 
     Antarmuka pada level intruksi. 

4.  Tahun 80an 
     Antarmuka pada level lingkungan kerja. Contoh: Graphical User Interface dan multimedia

5.  Tahun 90an 
     Antarmuka pada level lingkungan kerja. Contoh: Sistem Network dan Groupware 

6.  Tahun 2000 sampai sekarang 

     Antarmuka berkembang dengan luas. Contoh: Mobile device dan Interactive Screen

Generasi Atarmuka Pengguna


  • Antarmuka sistem berkelompok ; Antar muka sistem berkelompok merupakan generasi antar muka pengguna yang pertama diperkenalkan. Sistem ini bukanlah sistem interaktif seperti yang terdapat pada sistem-sistem masa sekarang. Pengguna berinteraksi dengan sistem melalui perantara kerja secara berkelompok. Semua arahan perlu perantara terlebih dahulu sebelum hasil keputusan dicetak dan antar muka sistem berkelompok ini mempunyai tampilan yang kurang sempurna.
  • Antarmuka baris arahan ; Antarmuka baris-arahan diperkenalkan semasa kemunculan sistem perkongsian-masa pada tahun 1960-an. Sistem yang mula-mula menggunakan antar muka baris-arahan adalah sebuah mesin taip yang dikenal dengan Tele-type(TTY). Dalam antar muka baris-arahan, pengguna berinteraksi dengan sistem dengan cara mennyusun arahan-arahan secara baris demi baris. Interaksi pengguna tergantung kepada penggunaan arahan-arahan yang berbentuk dialog soal jawab. Antarmuka baris-arahan juga bersifat pemaaf dan membebankan ingatan pengguna. Ini karena untuk melaksanakan suatu tugas, pengguna perlu mengingat arahan yang perlu ditandai dan arahan tersebut pula perlu tahu parameter-paremeter dengan tepat. Untuk meningkatkan tampilan yang lebih layak, kebanyakan sistem antar muka baris-arahan menggunakan konvensional penamaan yang seragam dan meniadakan penggunaan huruf vocal. Pada saat ini, antar muka pengguna baris-arahan masih banyak digunakan pada sisten DOS dan UNIX. 
  • Antarmuka layar ; Antarmuka menggunakan penghubung berupa layar CRT dan Plasma
  • Antarmuka pengguna bergrafik ; Antar muka pengguna bergrafik (GUI) merupakan intreface pengguna yang menggunakan perwakilan-perwakilan visual seperti grafik, icon dan animasi untuk mewakili komponen-komponen antar muka tersebut. Kajian terhadap antar muka pengguna bergrafik telah lama dijalankan yaitu sejak awal tahun 1960-an. Namun, penggunaannya secara komersil hanya bermula pada tahun 1980-an. Antar muka pengguna bergrafik yang pertama digunakan secara komersil adalah sebuah sistem yang dikenal sebagai 8010 Star Information pada tahun 1981 yang diperkenalkan oleh Xerox Corporation. Antar muka pengguna bergrafik menggunakan metafora dunia sebenarnya dan menyediakan interaksi berdasarkan kepada setiap tingkat, icon, menu dan pointer (Window, Icon, Menu and Pointer – WIMP). Interaksi didalam antar muka pengguna bergrafik merupakan sebuah interaksi secara manupulasi langsung dimana pengguna berinteraksi dengan perwakilan-perwakilan visual objek melalui mouse atau piranti-piranti pointer yang lain. Point and click, drag and drop, dan menggerakan objek merupakan ciri-ciri utama dalam antar muka pengguna bergrafik.
  • Antarmuka generasi masa depan ; Generasi antar muka pengguna pada masa akan datang menuju kepada penambahan unsur-unsur animasi objek dan audio (suara dan bunyi). Unsur tiga dimensi juga telah ditambah pada antar muka pengguna modern dalam pembentukan sekitar dunia maya. Antar muka pengguna masa depan lebih berorientasi kepada objek daripada segi pengolahan data dan fungsi. Disamping itu, bentuk dialog tidak lagi berbentuk arahan. Interaksi yang digunakan lebih berbentuk bahasa dan membenarkan penggunaan input yang tidak berformat. Antar muka masa depan juga memperbolehkan komputer membuat analisa aktifitas pengguna. Contoh antarmuka masa depan :  Embodied Interaction Interaksi yang menggunakan gerakan tubuh untuk memberikan input ke komputer seperti gerakan tangan atau yang lain tanpa menggunakan mouse atau keyboard, misalnya pada film Minority Report atau Iron Man.

0 komentar:

Posting Komentar