Ragam Dialog

Kategori Ragam Dialog 

Pengertian Dialog

Secara umum, dialog adalah proses komunikasi antara 2 atau lebih agen, dalam dialog makna harus dipertimbangkan agar memenuhi kaidah semantis dan pragmatis.

Dalam interaksi manusia dan komputer (IMK), dialog adalah pertukaran instruksi dan informasi yang mengambil tempat antara user dan sistem komputer.

Ragam Dialog Interaktif

Konsep keragaman dialog interktif yaitu kemampuan kita untuk memahami berbagai sistem interaktif yang digunakan sekarang ini. Pemahaman akan konsep ini bervariasi karena belum ada standarisasi ragam-ragam dialog yang ada. Terdapat 9 kategori yang dikelompokkan dalam ragam dialog interaktif :

Dialog Berbasis Perintah Tunggal (Command line dialogue) yaitu perintah-perintah tunggal yang dapat dioperasikan biasanya tergantung dari sistem komputer yang dipakai, dan berada dalam domain yang disebut bahasa perintah (command language). 
Contoh : 
perintah-perintah yang dimiliki oleh DOS (Disk Operating System). Terbagi atas perintah dalam (internal command) yang tidak memerlukan suatu berkas .EXE atau .COM tertentu (Contoh: DIR, CLS) dan perintah luar (external command) yang memerlukan suatu berkas .EXE atau .COM tertentu (Contoh: FORMAT, DELTREE). 

Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman (Programming language dialogue) merupakan ragam dialog yang memungkinkan pengguna untuk mengemas sejumlah perintah kedalam suatu berkas yang sering disebut batch file. Perintah yang dituliskan tidak harus menggunakan salah satu bahasa  pemrograman baik bahas rendah maupun bahas tinggi seperti assembler, Pascal, C, FORTRAN atau BASIC, tetapi tetap harus mengikuti aturan-aturan tertentu. 
Contoh :



Antarmuka berbasis bahasa alami (Natural language interface) yaitu dialog yang berisikan instruksi-instruksi dalam bahasa alami (manusia) yang diterjemahkan oleh sistem penterjemah. 
Contoh :
Cetak daftar input IP mahasiswa

Instruksi di atas , oleh penterjemah, yang akan menterjemahkan instruksi tersebut, misal dengan dialek Turbo Pascal:


tampilan dari intstruksi diatas:


Sistem menu merupakan pilihan yang tepat untuk menunjukkan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh sebuah program aplikasi kepada pengguna. Menu adalah daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas, yang biasanya berupa suatu kalimat atau kumpulan beberapa kata. Ditinjau dari teknik penampilan pilihan-pilihan pada sebuah sistem menu, dikenal dua jenis sistem menu yaitu  menu datar dan menu tarik (pulldown).
  • Sistem menu datar 

  • Sistem menu tarik (pulldown)

Dialog berbasis pengisian borang yaitu pengguna (user) dihadapkan ke suatu bentuk formulir dilayar komputer yang berisi sejumlah pengisian data dan opsi (option) yang telah ditentukan. Borang adalah tampilan dari sejumlah persyaratan (requirement) yang menampilkan sejumlah pilihan dan berbagai nilai parameter yang telah ditentukan dan diintegrasikan kedalam sebuah tampilan pada layar.
Contoh :

Antarmuka berbasis ikon (icon) merupakan variasi dari antarmuka berbasis menu. Setiap ikon menunjukkan satu aktifitas sementara pada sistem menu, sebuah menu juga menunjukkan satu aktifitas. Perbedaannya terletak pada cara penyajian pilihan itu. Pada sistem menu, pilihan aktifitas dinyatakan secara tekstual, sementara pada antarmuka berbasis ikon, pilihan aktifitas dinyatakan dengan suatu tanda atau symbol yang disebut pictogram atau ikon.
Contoh :

Sistem penjedalaan yaitu sistem antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai informasi pada satu atau lebih jendela (window). Ada 2 jenis jendela (window) yaitu :
  • Jendela TTY merupakan jenis jendela yang hanya terdiri atas sebuah jendela yang mempunyai fasilitas pemindahan halaman (scrolling) secara otomatis pada satu arah. Contoh jendela TTY adalah jendela (tampilan) pada saat berada pada dot prompt.
  • Time Multiplexed Windows berupa jendela yang dapat digeser (scrollable windows) dan frame-at-a-time windows, sehingga dapat digunakan secara bergantian oleh sejumlah jendela pada waktu yang berlainan. 



Manipulasi langsung yaitu penyajian langsung suatu aktifitas oleh sistem kepada pengguna sehingga aktifitas itu akan dikerjakan oleh sistem komputer ketika pengguna memberikan instruksi lewat manipulasi langsung dari semacam kenyataan maya (virtual reality) yang terpampang lewat tampilan yang muncul dilayar.
Contoh :


Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis merupakan dialog berbentuk pesan atau informasi pada suatu gambar atau link yang tampil ketika pengguna melakukan suatu aktifitas.
Contoh :
Pada Microsoft Word ketika kursor mendekati suatu ikon akan muncul pesan yang menunjukkan arti ikon tersebut




0 komentar:

Posting Komentar